APA ITU MIKROHEMATURIA?

Mikrohematuria atau hematuria mikroskopik adalah kondisi ketika terdapat darah dalam urin, yang hanya terlihat di bawah mikroskop. Biasanya, pasien cenderung mengetahui bahwa mereka mengalami mikrohematuria saat mereka menjalani pemeriksaan medis yang meliputi urinalisis.

GEJALA MIKROHEMATURIA

Kebanyakan pasien tidak memiliki gejala mikrohematuria. Namun, terkadang gejala dapat disertai dengan sensasi terbakar saat berkemih, keinginan berkemih terus menerus yang kuat, atau urin yang berbau menyengat.

DIAGNOSIS MIKROHEMATURIA

Mikrohematuria dapat didiagnosis dengan tes carik celup urin sederhana atau pemeriksaan mikroskopik pada urin.

PENANGANAN MIKROHEMATURIA

Mikrohematuria dapat disebabkan berbagai macam kondisi medis, seperti Infeksi Saluran Kemih (ISK), kandung kemih atau batu ginjal, dan kanker kandung kemih atau ginjal. Penanganan mikrohematuria bergantung pada penyebabnya. Untuk memastikan penyebabnya, dokter dapat melakukan sistoskopi untuk memeriksa bagian dalam kandung kemih untuk mencari jaringan yang tumbuh abnormal atau kanker. Dokter juga dapat melakukan pemeriksaan dan pemindaian pencitraan untuk memeriksa ginjal. Terakhir, tes kultur urin dapat diperlukan untuk menghapus kemungkinan infeksi kandung kemih, yang juga dapat menyebabkan mikrohematuria. Jika hasil tes-tes di atas terbukti normal, mikrohematuria tidak berbahaya dan dapat ditangani secara konservatif.

Mikrohematuria