APA ITU KANKER TESTIS?

Kanker testis adalah kanker testikel. Ini sering terdeteksi oleh pasien yang memperhatikan adanya benjolan atau pembengkakan di testikel.

GEJALA KANKER TESTIS

Gejala kanker testis antara lain benjolan atau pembengkakan pada testis, rasa sakit dan tidak nyaman pada testis, pembengkakan testis, sakit punggung atau nyeri di daerah selangkangan dan pengumpulan cairan di skrotum.

DIAGNOSIS KANKER TESTIS

Kanker testis didiagnosis dengan suatu ultrasonografi testikel.

PENANGANAN UNTUK KANKER TESTIS

Penanganan akan bergantung pada stadium kanker, jenis kanker, efek samping, preferensi pasien, dan kesehatan secara keseluruhan. Penanganan meliputi: Pengawasan aktif (setelah mengeluarkan testis dengan kanker), Kemoterapi (penggunaan obat untuk menghancurkan sel kanker), Terapi radiasi (penggunaan sinar-X berenergi tinggi atau partikel-partikel lain untuk menghancurkan sel-sel kanker) dan Pembedahan.
  • ORKIEKTOMI INGUINAL RADIKAL
    Pembedahan melibatkan pengangkatan testikel dengan kanker. Pembedahan ini disebut orkiektomi inguinal radikal. Sayatan dibuat tepat di atas area kemaluan dan testikel kemudian dikeluarkan dengan hati-hati dari skrotum melalui lubang. Tumor diangkat seluruhnya bersama dengan testkel dan korda spermatika.
  • DISEKSI KELENJAR GETAH BENING RETROPERITONEAL (RPLND)
    Tergantung pada stadium dan jenis kanker, kelenjar getah bening di sekitar pembuluh darah besar (aorta dan vena cava inferior) di bagian belakang perut dapat diangkat selama orkiektomi. Tidak semua orang dengan kanker testikel perlu mengangkat kelenjar getah bening. Sayatan besar dibuat di tengah perut untuk mengangkat kelenjar getah bening.

Kanker Testis