APA ITU INFEKSI SALURAN KEMIH?

Infeksi saluran kemih adalah infeksi pada bagian mana pun dari sistem saluran kemih. Jika kondisi ini menyerang saluran kemih bagian bawah, maka disebut sistitis, infeksi kandung kemih. jika menyerang saluran kemih bagian atas, disebut pielonefritis, infeksi ginjal.

GEJALA INFEKSI SALURAN KEMIH

Gejala infeksi saluran kemih meliputi nyeri saat berkemih, sering berkemih, merasa ingin berkemih walaupun kandung kemih sudah kosong, serta demam dan rasa nyeri di bagian pinggang.

DIAGNOSIS INFEKSI SALURAN KEMIH

Urinalisis dan tes kultur urin dilakukan untuk mendiagnosis infeksi saluran kemih. Tes ini akan mendeteksi sel darah putih, sel darah merah, atau bakteri. Jika Anda mengalami infeksi saluran kemih berulang, dokter dapat melangsungkan pemindaian yang detail, tes aliran urin, dan sistoskopi menggunakan tabung kecil dan tipis (sistoskop) untuk melihat bagian dalam uretra dan kandung kemih.

PENANGANAN INFEKSI SALURAN KEMIH

Penanganan infeksi saluran kemih meliputi Perubahan gaya hidup, misalnya saran kebiasaan buang air kecil dan Obat-obatan, yang umumnya terdiri dari antibiotik dan tablet/krim hormonal. Suplemen seperti kranberi dan probiotik juga dapat dikonsumsi. Pasien disarankan untuk banyak minum air. Jika terdapat kondisi yang sudah ada sebelumnya yang menyebabkan infeksi saluran kemih seperti batu kencing, dapat dilakukan pembedahan lebih lanjut.

Infeksi Saluran Kemih (ISK)