APA ITU KANDUNG KEMIH OVERAKTIF?

Kandung kemih overaktif (OAB) adalah kondisi yang dicirikan dengan urgensi berkemih yang dapat berujung pada keluarnya urin di luar kendali (mengompol). Walaupun lebih sering ditemukan pada wanita dan lansia, pria dan anak muda juga dapat terkena kandung kemih overaktif.

GEJALA KANDUNG KEMIH OVERAKTIF

Gejala kandung kemih overaktif mencakup keinginan berkemih yang tiba-tiba dan sulit ditunda (urgen), mengompol (inkontinensia urgensi), sering berkemih (lebih dari 8 kali sehari), dan nokturia (terbangun dua kali atau lebih di malam hari untuk berkemih). Gejala dapat mengakibatkan gangguan keseharian dan pekerjaan yang signifikan.

DIAGNOSIS KANDUNG KEMIH OVERAKTIF

Diagnosis kandung kemih overaktif dibuat setelah membuang kemungkinan kondisi lain yang serupa. Sampel urin dapat diambil untuk pemeriksaan untuk menghapus kemungkinan infeksi, jejak darah pada urin, atau kelainan lain. Dokter dapat melakukan pengukuran residu setelah pengosongan kandung kemih menggunakan USG untuk memeriksa jika terdapat sisa urin dalam kandung kemih Anda setelah anda berkemih. Pemeriksaan uroflow untuk mengukur laju aliran urin juga dapat dilakukan.

PENANGANAN KANDUNG KEMIH OVERAKTIF

Penanganan kandung kemih overaktif meliputi obat untuk merilekskan kandung kemih dan Terapi Intervensi Minimal Invasif, seperti penyuntikkan obat untuk relaksan kandung kemih dan stimulasi elektrik saraf. Stimulasi saraf sangat mirip dengan akupunktur dan terdiri dari 2 jenis: Stimulasi Saraf Tibial Perkutan (PTNS) dan Stimulasi Saraf Sakral (SNS). Sebagai upaya terakhir, pembedahan dapat dilakukan untuk meningkatkan kapasitas kandung kemih. Ini melibatkan penggunaan sebagian usus untuk menggantikan sebagian kandung kemih Anda. Namun, operasi ini hanya direkomendasikan untuk kasus inkontinensia urgensi parah yang gagal merespons penanganan invasif minimal lainnya.

Kandung Kemih Overaktif