APA YANG DIMAKSUD DENGAN BATU GINJAL?

Batu ginjal, juga dikenal sebagai renal calculi, adalah endapan keras mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal. Ada banyak kemungkinan penyebab batu ginjal. Pola makan, obesitas, asupan suplemen dan/atau obat-obatan atau kondisi medis lainnya dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal di dalam tubuh Anda. Batu ginjal mungkin lebih rentan terjadi pada pasien yang urinnya mengandung lebih banyak zat pembentuk kristal seperti kalsium, oksalat, dan asam urat daripada yang dapat diencerkan oleh urin.

GEJALA-GEJALA BATU GINJAL

Batu ginjal terkadang tidak menunjukkan gejala hingga batu tersebut bergerak di sekitar ginjal atau masuk ke dalam ureter, yaitu saluran yang menghubungkan kandung kemih dan ginjal. Pada beberapa kasus, batu ini dapat tersangkut di ureter dan menghalangi aliran urin. Hal ini akan menyebabkan hidronefrosis, yaitu pembengkakan ginjal. Pada tahap ini, batu ginjal dapat menyebabkan rasa sakit yang parah pada pasien. Pasien dapat mengalami rasa sakit yang hebat dan menusuk di bagian samping dan punggung tepat di bawah tulang rusuk. Pasien mungkin juga mengalami nyeri yang menjalar ke perut bagian bawah dan area selangkangan. Rasa sakitnya mungkin datang secara bergelombang dan intensitasnya bervariasi. Terakhir, pasien mungkin memiliki darah dalam urin serta sensasi terbakar saat buang air kecil.

DIAGNOSIS BATU GINJAL

Pemindaian computed tomography (CT) sering digunakan untuk mendiagnosis batu saluran kemih. Rontgen juga dapat digunakan untuk mendiagnosis batu saluran kemih. Posisi batu dan sejauh mana batu menghalangi saluran kemih dapat dilihat pada gambar dari CT scan atau rontgen

PENANGANAN UNTUK BATU GINJAL

Penanganan akan tergantung pada jenis, ukuran dan lokasi batu. Penanganan ini juga tergantung pada gejala yang dialami pasien. Kadang-kadang, batu ginjal yang berukuran kecil tidak memerlukan perawatan invasif. Batu ginjal dapat keluar dari tubuh dengan meminum air. Obat pereda nyeri dapat diberikan selama proses ini untuk membantu mengatasi rasa sakit. Dokter juga dapat memberikan obat penghambat alfa yang membantu mengendurkan otot-otot dalam ureter. Cara ini akan membantu batu ginjal keluar dengan lebih cepat dan tanpa rasa sakit. Jika batu ginjal membuat pasien mengalami gejala yang cukup parah dan menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan, dokter mungkin akan menyarankan untuk mengobati batu tersebut. Ada beberapa pilihan penanganan:
  • LITOTRIPSI GELOMBANG KEJUT EKSTRAKORPOREAL (EXTRACORPOREAL SHOCK WAVE LITHOTRIPSY – ESWL)
    ESWL menggunakan gelombang suara untuk menciptakan getaran kuat (gelombang kejut) yang memecah batu menjadi fragmen-fragmen yang lebih kecil yang dapat dikeluarkan melalui urin Anda. Namun, tergantung pada jenis dan ukuran batu, perawatan ini mungkin tidak cocok. Dokter akan memeriksa pasien sebelum merekomendasikan perawatan terbaik untuk memastikan tingkat pembersihan batu yang lebih baik.
  • URETEROSKOPI DAN LITOTRIPSI LASER (URS & LL)
    Sebuah tabung tipis bercahaya yang dikenal sebagai ureteroskop dimasukkan melalui uretra dan kandung kemih ke dalam ureter. Begitu batu ditemukan, sinar laser akan memecahnya menjadi beberapa bagian yang kemudian akan dikeluarkan melalui urin Anda. Stent dimasukkan ke dalam ureter untuk meredakan pembengkakan dan membantu penyembuhan. Tindakan ini merupakan prosedur endoskopi yang paling umum dilakukan untuk pengobatan batu ginjal yang dapat meredakan gejala dengan cepat.
  • NEFROLITOTOMI PERKUTAN (PERCUTANEOUS NEPHROLITHOTOMY – PCNL)
    PCNL adalah prosedur invasif minimal yang melibatkan pembedahan untuk mengangkat batu ginjal dengan menggunakan alat kecil yang dimasukkan melalui luka tusukan kecil di punggung Anda. Prosedur ini biasanya untuk batu ginjal yang lebih besar. Biasanya dilakukan dengan anestesi total.
  • MINIMAL INVASIVE PERCUTANEOUS NEPHROLITHOLAPAXY (Mini-PCNL)Mini-PCNL adalah prosedur endoskopi invasif minimal untuk mengangkat batu ginjal. Prosedur ini digunakan untuk batu ginjal yang lebih besar atau jika metode terapi lain seperti ESWL tidak berhasil. Sebuah alat kecil khusus digunakan untuk prosedur ini. Pembedahan biasanya dilakukan dengan anestesi total. Setelah pencitraan dengan media kontras pada saluran ginjal di sisi yang terkena, ginjal kemudian ditusuk langsung melalui kulit. Tindakan ini dikontrol melalui fluoroskopi dan ultrasound. Setelah melebarkan saluran tusukan, endoskopi dimasukkan ke dalam ginjal. Dengan laser khusus, batu ginjal dipecah dan dibersihkan.

PENGOBATAN BATU GINJAL