APA ITU REFLUKS VESIKOURETER?

Refluks Vesikoureter (VUR) adalah aliran abnormal urin dari kandung kemih kembali ke ureter dan terkadang ke ginjal. Ini adalah suatu kondisi di mana aliran urin salah arah. Ini lebih sering terjadi pada bayi dan anak-anak. Jika itu terjadi pada orang dewasa, hal ini mungkin terkait dengan obstruksi kandung kemih misalnya pembesaran prostat (BPH) pada pria.

GEJALA REFLUKS VESIKOURETER?

Refluks vesikoureter terkadang tidak memiliki gejala. Jika ada gejala, dapat muncul dengan nyeri panggul, sensasi penuh atau sensasi pengosongan kandung kemih yang tidak tuntas setelah buang air kecil. Ini dapat menyebabkan masalah serius, misalnya memburuknya fungsi ginjal dan infeksi saluran kemih berulang (ISK).

DIAGNOSIS REFLUKS VESIKOURETER

Diagnosis refluks vesikoureter dilakukan dengan tes yang disebut voiding cystourethrogram (VCUG). Ini adalah sinar-X kandung kemih yang melibatkan penempatan suatu kateter tipis di uretra dan menyuntikkan cairan dengan pewarna sinar-X melalui tabung sampai kandung kemih penuh. Pasien kemudian diminta untuk buang air kecil dan gambar akan diambil untuk melihat bagaimana pewarna bergerak, khususnya apakah bergerak mundur ke salah satu atau kedua ginjal.

PENANGANAN REFLUKS VESIKOURETER

Perawatan tergantung pada tingkat keparahan refluks. Untuk refluks ringan, kondisinya dapat diobati secara konservatif, terutama pada anak yang lebih muda, misalnya 5-6 tahun. Tujuan pengobatan dengan antibiotik adalah untuk mencegah Infeksi Saluran Kemih (ISK) dan kerusakan ginjal. Penanganan untuk kasus refluks vesikoureter yang parah adalah Pembedahan. Pilihan bedah invasif minimal adalah bedah endoskopi di mana ahli bedah memasukkan sistoskop ke dalam lubang uretra untuk melihat bagian dalam kandung kemih. Suatu zat (bulking agent) disuntikkan ke area di mana ureter memasuki kandung kemih untuk mencoba memperbaiki refluks. Pilihan bedah lainnya termasuk reimplantasi ureter, memperbaiki perlekatan katup kelopak dari ureter ke kandung kemih. Ini dapat dilakukan secara laparoskopi atau sebagai operasi terbuka.

Refluks Vesikoureter (VUR)